"Sejarah Walisongo" | Ustadz Rachmad Abdullah | TAUSIYAH SERIES
Apr 3, 2018
  • 197

Dalam kajian sejarah penyebaran Islam di Indonesia, dan lebih spesifik di pulau Jawa, maka tidak akan terlepas dari pembahasan Wali Songo. Berbicara tentang Wali Songo menjadi ruang diskusi yang menarik dan seakan tak habis untuk dikupas. Siapakah mereka, apa peranan, dan bagaimana mereka menyebarkan Islam, serta sederet tanya lainnya akan menjadi hal yang patut untuk ditelisik.

Tak bisa dipungkiri bahwa dalam diskursus Wali Songo, yang mengemuka bahkan sangat ditonjolkan adalah kemistisan dan kekeramatan masing-masing Sunan. Bagaimana peran mereka, agungnya nilai-nilai ajaran, kayanya khazanah kelimuan, dan keluhuran sikap mereka pun terpinggirkan. Parahnya lagi, yang tersemat dalam benak umat bahwa Wali Songo hanya identik dengan ziarah dan wisata religi.

Barang kali hal demikian memang dikarenakan sangat sulitnya ditemukan literatur ilmiah yang mengungkap fakta sejarah Wali Songo yang sesungguhnya. Bagaimana idealisme Wali Songo yang mereka usung. Sehingga seolah semakin menegaskan bahwa Wali Songo tak ubahnya legenda rakyat dan mitos belaka.

Buku Wali Songo; Gelora Dakwah dan Jihad di Tanah Jawa karya Rahmat Abdullah ini akan menyuguhkan fakta tentang Wali Songo yang bisa jadi akan menjungkalkan pemahaman yang hari ini banyak diiyakan oleh khalayak. Fakta tentang strategi dakwah yang ditempuh oleh Wali Songo yang mampu menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Dari raja hingga jelata. Meratanya sebaran dakwah Wali Songo di penjuru Nusantara. Hingga ghirah perang sabililah atau jihad yang ternyata juga digelorakan oleh Wali Songo.

Buku ini akan semakin membuka mata kita sebagai pembaca, bahwa Wali Songo juga menempuh jalan jihad dalam rangkaian sejarahnya.

Rachmad Abdullah sang penulis, mengambil sumber yang validitasnya sangat tinggi. Sumber primer yang diambil penulis adalah Kropak Ferara sebuah naskah yang masih ditulis dalam daun rontal yang tersimpan di perpustakaan Italia dan juga Het Boek Van Bonang yang tersimpan di perpustakaan Belanda.

Dari buku ini, kita akan mengetahui siapa sesungguhnya Wali Songo, siapa sajakah anggotanya, dan sepak terjang mereka dalam dakwah serta jihad di Nusantara dengan detail. Buku ini merupakan seri pertama dari buku Trilogi Revolusi Islam di Tanah Jawa yang ditulis oleh penulis yang sama.

(Sinopsis dikutip dari: https://muslimidealku.blogspot.co.id/2015/08/walisongo-gelora-dakwah-jihad.html)

***

Support and follow Pro-U Media to get the latest updates!

Facebook (facebook.com/proumedia)
Twitter (@proumedia)
Instagram Pro-U Media (@proumedia)
Instagram Pro-You Channel (@prouchannel)