PENYEBAB MENGAPA HIDUP INI BERAT - Kajian MqPagi
Nov 6, 2018
  • 151

Kajian MQ Pagi 06 November 2018
Oleh KH. Abdullah Gymnastiar

Saudaraku, kita pasti banyak masalah dalam hidup ini. Kenapa hidup ini berat ada 3 penyebab:

1. Karena cita-citanya hanya duniawi
Kalau kita cita-citanya hanya duniawi, ingin dikagumi orang, ingin dikasih sayangi makhluk pasti hidup nya akan berat, tetapi kalau cita-citanya lebih tinggi dan yang terbaik ingin kasih sayang Alloh, ingin berjumpa dengan Alloh dan apapun yang Alloh sukai maka hidup ini lebih ringan.

2. Karena bersandar nya selain pada Alloh
Siapa yang paling menderita yaitu yang bersandar selain pada Alloh. Makhluk itu tidak ada daya dan kekuatan tanpa izin Alloh, ingat prinsip makhluk:
- Lemah
- Jahil (Bodoh)

3. Karena kita jauh dari pertolongan Alloh
Jadi mudahnya urusan itu tergantung pertolongan Alloh nya sampai mana. Karena semua urusan itu ada dalam genggaman Alloh.

Pelik mana, rumit mana persoalan yang kita hadapi dengan persoalan tubuh kita ini? Persoalan tubuh kita ini pasti lebih rumit.

Jadi dalam hidup ini kalau ingin menghadapi masalah ini dengan mudah sibuklah mencari pertolongan Alloh.

Masalah kita itu bukan pada masalahnya tapi masalah kita itu pada sikap terhadap masalah jadi bagaimana agar ditolong Alloh? Pertolongan Alloh itu ada pada amal-amal yang Alloh sukai.

Amal yang akan mendatangkan pertolongan Alloh:

1. Hati yang bulat kepada Alloh
Haqul yakin, Hasbunallah Wani'mal Waqil Ni'mal Maula Wani'man Nasir
Harus yakin hanya Alloh yang bisa menolong masalah kita.
Alloh SWT berfirman,

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

"Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (Q.S At-tolaq ayat 3)

2. Jika ingin memperbaiki sesuatu perbaiki sholatnya
3. Perbanyak taubat
4. Membaca Al-Quran, minimal 1 hari 1 juz
5. Alloh akan selalu nolong orang yang senang menolong